Cara Streaming di Twitch dari Mac, Windows, PS4 dan XBox One

Cara Streaming di Twitch dari Mac, Windows, PS4 dan XBox One

Cara Streaming di Twitch dari Mac, Windows, PS4 dan XBox One

 

Cara Streaming di Twitch dari Mac, Windows, PS4 dan XBox One
Cara Streaming di Twitch dari Mac, Windows, PS4 dan XBox One

Twitch menjadi salah satu aplikasi favorit bagi para gamers untuk menyiarkan secara langsung, atau bahkan menonton live streaming game online seperti turnamen. Sayangnya, streaming di Twitch membutuhkan sedikit usaha, dan harus memiliki semua perangkat lunak dan peralatan yang tepat sebelum memulainya.

Sebelum mulai menyiarkan secara langsung kebolehan bermain game online Anda, Anda harus membuat akun Twitch terlebih dahulu. Masuklah ke situs web resmi Twitch, klik tautan Sign Up ungu di sudut kanan atas.

Masukkan kredensial login yang Anda inginkan sebelum mengklik tombol Sign Up ungu di bagian bawah. Setelah itu, klik nama pengguna Anda di sudut kanan atas. Berikut adalah cara streaming Twitch melansir Digital Trends:

Streaming dari Windows atau MacOS

Langkah 1: Unduh OBS

Mengunduh OBS tidak sederhana. Untuk memulai, klik nama pengguna Anda di antarmuka Twitch utama dan tekan tautan Creator Dashboard. Temukan tiga bar di sudut kiri atas layar. Klik menu tarik-turun ini untuk menampilkan daftar opsi lain yang dapat Anda pilih.

Opsi Alat Streaming akan membawa Anda ke halaman dengan beberapa tautan unduhan ke berbagai aplikasi streaming seperti OBS. Temukan OBS dalam daftar dan klik unduh. Setelah di situs web OBS, pilih versi OBS yang ingin Anda unduh. Anda dapat memilih dari Windows, Mac, dan Linux.

Langkah 2: Menyiapkan untuk streaming

Ada banyak jenis panduan tentang cara memaksimalkan OBS, namun, hanya ada beberapa hal yang perlu Anda khawatirkan jika Anda baru memulai. Satu-satunya opsi yang Anda benar-benar perlu fokuskan adalah laju bit video Anda, laju bit audio, dan pembuat enkode.

Klik pada tab Output di OBS dan pastikan bahwa laju bit video Anda ditetapkan sekitar 2.500. Ini akan memungkinkan Anda untuk melakukan streaming konten pada 720p, tetapi Anda dapat meningkatkan jumlah ini jika ingin menyiarkan pada resolusi yang lebih tinggi.

Jika Anda ingin melakukan streaming pada 720p dengan 60FPS, maka mungkin layak untuk melanjutkan dan meningkatkan bit rate hingga setidaknya 3.500. Kecepatan bit audio harus diatur pada 128 terlepas dari resolusi gambar yang dipilih. Meskipun, Anda juga dapat menurunkan ini jika kecepatan internet kurang dari ideal.

Jika Anda menjalankan kartu grafis Nvidia dari beberapa tahun terakhir, Anda dapat menggunakan encoder NVENC built-in. Jika tidak, tetap menggunakan encoder x264 perangkat lunak default OBS.

Langkah 3: Masukkan stream key

Kembali ke situs web Twitch, dan kembali ke dasbor pembuat. Klik menu di sudut kiri atas dan kemudian pilih opsi Saluran. Ini akan membawa Anda ke halaman Primary Stream Key, serta opsi lainnya. Temukan stream key area, dan kemudian tekan tombol salin di sebelahnya. Anda selalu dapat mengatur ulang stream key di halaman ini, jika terdapat kesalahan nantinya.

Baca juga:

Just Cause 4 System Requirements, Download Gratis di Epic Games
Cara Membersihkan Controller Game yang Aman dan Steril

Langkah 4: Sambungkan mikrofon dan atur game

Sekarang saatnya menyiapkan perangkat audio untuk aliran Anda. Lihatlah area Audio Mixer di OBS. Seharusnya, sudah ada bilah volume yang diatur untuk desktop Anda. Jika tidak, Anda dapat menambahkannya secara manual dengan membuka halaman OBS, cari tombol Pengaturan di area kanan bawah aplikasi.

Mengklik ini, akan membuka jendela pengaturan Anda. Maju dan navigasikan ke bawah ke tab Audio. Di sini Anda dapat menambah atau menghapus perangkat audio sesuai kebutuhan. Pastikan bahwa Audio Desktop diatur ke perangkat keras yang benar dan kemudian temukan bagian audio Mic/ Aux.

Anda dapat mengatur mikrofon di sini. Saat Anda memilih audio mic dan desktop, kembali ke jendela OBS utama dan Anda akan melihat audio masuk melalui mixer di bagian bawah.

Selanjutnya, buka game yang ingin Anda streaming dan lihatlah menu Source. Temukan tombol + di bagian bawah area Source dan tekan.

Sementara itu, untuk merekam layar, cara termudah yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan opsi Display Capture yang akan merekam seluruh layar desktop. Namun, itu juga berarti bahwa setiap informasi sensitif pada layar itu dapat dibagikan, jadi berhati-hatilah saat menggunakan opsi ini.

Jika Anda hanya ingin menangkap game, Anda dapat memilih opsi Game Capture. Namun perlu dicatat bahwa beberapa game tidak akan bekerja dengan benar dengan sistem perekam game bawaan OBS.

Streaming melalui PlayStation4

Langkah 1: Mainkan game

Berbeda dengan Windows dan MacOS, ketika hendak melakukan streaming Twitch di PlayStation, Anda harus membuka game apa pun yang ingin disiarkan sebelum mengubah pengaturan siaran apa pun. Setelah memainkan game, tekan tombol Bagikan di sebelah touchpad pada pengontrol PS4 untuk membuka pengaturan siaran.

Langkah 2: Ubah pengaturan dan mulai streaming

Dari sini, pilih gameplay siaran dan Anda akan diberikan opsi untuk melakukan streaming melalui tiga layanan streaming yang berbeda. Pilih Twitch, dan layanan akan memberi Anda kunci streaming. Selanjutnya, buka twitch.tv/activate dan masukkan stream key tersebut. PS4 Anda akan siap untuk mulai streaming dalam beberapa saat, tetapi mari kita ubah beberapa pengaturan terlebih dahulu.

Dari menu gameplay siaran, Anda dapat mengubah judul streaming, kualitas, dan apakah Anda ingin menggunakan kamera dan/ atau mikrofon Anda. Setelah Anda puas dengan pengaturannya, tekan mulai siaran dan tunjukkan keahlian Anda kepada dunia!

Streaming melalui Xbox One

Langkah 1: Mainkan game

Sama seperti PS4, Anda diharuskan memulai permainan di Xbox One sebelum streaming. Twitch akan secara otomatis mendeteksi permainan saat memulai siaran, membuat konten lebih mudah ditemukan untuk calon pemirsa.

Setelah ini selesai, unduh dan buka aplikasi Twitch, dan masuk ke layanan. Anda akan diberikan stream key, yang kemudian harus Anda aktifkan di twitch.tv/aktivasi menggunakan perangkat seluler atau komputer Anda.

Langkah 2: Ubah pengaturan dan mulai streaming

Anda akan diberi opsi untuk mengubah judul streaming dan kualitas yang dihasilkan sebelum mulai mengudara di Xbox One. Anda juga dapat memindahkan tampilan kamera Kinect ke empat sudut layar game Anda. Ini tidak akan muncul setelah Anda benar-benar streaming, tetapi pemirsa masih dapat melihatnya.

Selanjutnya, tekan mulai siaran. Anda akan melihat ticker di bagian bawah layar yang menunjukkan berapa banyak pemirsa yang Anda miliki, dan jika Anda menggunakan fitur Snap One Xbox untuk menjaga Twitch tetap terlihat di samping, Anda akan dapat melihat penonton Anda mengobrol secara real time.

Sebagian besar game tidak memberi opsi untuk membisukan mikrofon dalam permainan Anda tanpa

membisukannya di tempat lain. Jadi, pertimbangkan untuk membuat Xbox Live dengan diri Anda sebagai satu-satunya anggota.

Sementara itu, jika Anda mengundang pemain lain ke permainan Anda, obrolan mereka juga akan disiarkan secara langsung, jadi pastikan untuk memberi tahu mereka terlebih dahulu.

Sumber:

https://littlehorribles.com/danse-macabre-apk/