Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi
Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

Kecepatan Wi-Fi

Anda mungkin tidak terlalu memikirkannya hingga film yang Anda streaming mengalami gangguan. Atau file Anda tidak dapat diunggah ke cloud. Atau browser web Anda terus berputar tanpa memuat halaman yang Anda inginkan.

Dengan jutaan pengguna menghubungkan perangkat seluler mereka ke hotspot Wi-Fi di seluruh dunia, tidaklah mengherankan jika orang ingin tahu cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi sehingga mereka bisa melakukan streaming film, mengunggah dan mengunduh dokumen, serta mentransfer data dengan cepat.

Inovasi dalam teknologi Wi-Fi yang membuatnya lebih cepat daripada generasi sebelumnya. Dan karena kecepatan Wi-Fi sering kali berhubungan dengan rentang koneksi internet, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa cara untuk membantu meningkatkan jangkauan dan memperluas sinyal nirkabel.

Kita akan berbincang lebih dalam lagi mengenai generasi terdahulu di bawah dan menampilkan sebagian dari istilah yang perlu Anda ketahui saat memikirkan koneksi Wi-Fi:

  • Kecepatan—Teknologi Wi-Fi baru mengirimkan data lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Semakin cepat koneksi menghasilkan kecepatan Wi-Fi yang lebih tinggi.
  • Kapasitas—Router baru juga mengirimkan lebih banyak data secara bersamaan untuk perangkat lainnya; router ini memiliki kapasitas yang lebih besar.
  • Jangkauan—Kecepatan Wi-Fi adalah satu potongan teka-teki, dan jangkauan (atau cakupan) adalah yang lainnya. Anda menginginkan router yang dapat memberikan kecepatan Internet yang lebih tinggi dan dengan jarak lebih jauh.

Dengan koneksi Wi-Fi yang kuat, Anda akan menghemat waktu karena kecepatan koneksinya lebih cepat, Anda juga dapat melakukan streaming film, game, video, dan aplikasi yang membutuhkan banyak data dengan lebih cepat dan kualitas gambar yang lebih tinggi.

Mengapa Wi-Fi Anda Lambat

Mari kita bahas mengapa kecepatan koneksi Wi-Fi Anda lambat. Penghalang fisik, seperti dinding dan lantai, dapat memengaruhi sinyal nirkabel, seperti halnya jarak antara perangkat dan titik akses dan jumlah perangkat yang menggunakan jaringan Wi-Fi Anda. Bahkan hal-hal sederhana seperti menyesuaikan ketinggian router menjauh dari lantai dapat memengaruhi kinerjanya.

Pastikan untuk berbicara dengan penyedia layanan Internet Anda untuk memastikan Anda membayar untuk kecepatan yang diperlukan. Penyedia yang berbeda menawarkan kecepatan yang berbeda, dan Anda mungkin tidak memiliki paket yang paling pas untuk kebutuhan konektivitas.

Tiga hal utama yang memengaruhi kecepatan koneksi Internet—penempatan router, teknologi, dan perangkat yang terhubung.

Cara Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi

1. Letakkan router di tempat terbuka.Karena Wi-Fi benar-benar nirkabel, kecepatan koneksi dipengaruhi oleh jarak, penghalang (seperti dinding, lantai, dan langit-langit), gangguan listrik, dan jumlah pengguna pada jaringan. Semuanya berkontribusi terhadap tersendatnya laju kecepatan koneksi Wi-Fi.

Untuk sinyal terbaik, letakkan router nirkabel di tempat terbuka di lantai utama rumah, jauh dari dinding dan halangan. Idealnya, Anda pasti ingin menempatkannya jauh dari lantai, di atas mebel Anda. Jauhkan dari elektronik lainnya yang mungkin menyebabkan interferensi, seperti microwave, monitor bayi, dan telepon tanpa kabel. Anda juga bisa mencoba mengarahkan antena secara tegak lurus, satu antena horizontal dan satu antena vertikal.

Ingin tahu di mana titik buta nirkabel di sekitar rumah Anda? Cobalah menggunakan aplikasi seluler, seperti CloudCheck*, untuk mengujinya. Ini juga bisa membantu Anda mengidentifikasi lokasi kekuatan sinyal yang paling baik, sehingga Anda dapat menemukan tempat yang bagus untuk router. Bayangkan hal ini seperti feng shui Wi-Fi untuk router nirkabel!

2. Gunakan teknologi Wi-Fi terkini. Teknologi berubah dengan cepat, dan salah satu cara terbaik untuk mempercepat jaringan nirkabel adalah menggunakan perangkat keras terbaru. Nirkabel-N (802.11n) dan Nirkabel-AC (802.11ac) adalah teknologi yang lebih baru dan cepat, dengan Nirkabel-A (802.11a), -B (802.11b), dan -G (802.11g) lebih tua dan lambat.

Router Nirkabel-AC yang lebih baru memiliki kecepatan transfer data hingga tiga kali lebih cepat daripada model Nirkabel-B/G/N yang lebih lama, dan semuanya menawarkan fungsi “dual-band” sehingga Anda dapat mengosongkan saluran untuk diakses perangkat nirkabel lama.

Dan tentu saja, Anda perlu mengamankan jaringan Wi-Fi dengan kata sandi sehingga tetangga tidak dapat melakukan streaming film dengan koneksi nirkabel Anda!

3. Batasi perangkat dan optimalkan pengaturan.Bermain game online, melakukan obrolan melalui video, dan streaming film dan video memakan banyak bandwidth, dan semuanya itu dapat memperlambat kecepatan Internet dan akses bagi semua orang yang terhubung ke jaringan Wi-Fi. Beberapa router memiliki pengaturan Quality of Service (QoS) yang memungkinkan Anda mengontrol aplikasi mana yang mempunyai akses prioritas ke bandwidth Internet. Misalnya, Anda mungkin ingin memprioritaskan panggilan video jika Anda memiliki banyak rapat, dan menurunkan prioritas unduhan file dari cloud. Anda bisa mendapatkan file nanti kapan saja, tapi Anda tidak ingin kehilangan sambungan saat melakukan panggilan dengan seorang klien penting atau anggota keluarga!

Anda juga harus memastikan bahwa router nirkabel memiliki pembaruan terbaru ke firmware. Sementara banyak router baru memiliki proses pembaruan internal, Anda mungkin perlu mengakses pengaturan router untuk memulai pembaruan secara manual.

Ada baiknya Anda juga menghubungkan perangkat stasioner, seperti komputer desktop dan konsol game, langsung ke router untuk memberikan bandwidth yang lebih baik untuk perangkat seluler Anda. Anda dapat menginstal ekstensi browser yang dapat memblokir iklan, animasi, dan video yang mengganggu bandwidth. Bahkan trik kecil seperti memblokir iklan streaming dapat meningkatkan pengalaman pengguna.

Anda juga dapat menyempurnakan pemilihan saluran pada router. Secara default, banyak router nirkabel diatur untuk dijalankan pada saluran 6. Artinya router tetangga mungkin juga akan dijalankan pada saluran 6, menyebabkan kemacetan pada saluran itu karena jumlah perangkat yang terhubung. Menggunakan alat seperti Wi-Fi* Analyzer atau Wi-Fi Scanner* dapat membantu Anda mengidentifikasi saluran router dengan bandwidth yang lebih besar yang akan memberikan peningkatan kecepatan Internet.

Jika router Anda relatif baru, router seharusnya dapat beralih antara dua frekuensi radio—2,4 GHz (standar lebih lama) dan 5 GHz (standar lebih baru). Router nirkabel cerdas dapat memilih frekuensi terbaik bagi Anda dan lingkungan Anda. Masing-masing frekuensi memiliki beberapa saluran: 14 pada 2,4 GHz dan 30 pada 5 GHz. Jadi, jika router memiliki kemampuan untuk otomatis berpindah antarfrekuensi, router dapat memilih di antara 44 saluran tersebut. Jika router lebih lama dan hanya dapat mengakses 14 saluran pada 2,4 GHz, maka kemungkinan besar menemukan “lalu lintas” pada koneksi Wi-Fi. Anda dapat mengecek pengaturan router nirkabel untuk melihat apakah dapat otomatis beralih antara saluran dan frekuensi untuk pengaturan optimal.

Tips Lainnya

Mencari cara lain untuk mencoba meningkatkan kecepatan Wi-Fi dan memperluas jangkauan koneksi Internet?

  1. Gunakan extender jangkauan nirkabel. Meskipun tidak dapat mempercepat koneksi, extender dapat meningkatkan sinyal ke titik yang tidak terjangkau sinyal di rumah atau kantor Anda. Misalnya, jika router berada di lantai pertama rumah, Anda mungkin ingin menambahkan extender jangkauan nirkabel di lantai lain untuk meningkatkan sinyal. Ini dapat sangat membantu di area dengan tembok yang tebal atau struktur fisik lainnya yang dapat menghambat sinyal nirkabel.
  2. Menambahkan titik akses. Pikirkan titik akses seperti membuat jaring nirkabel di sekitar rumah Anda. Titik akses mentransmisikan sinyal Internet ke satu sama lain untuk membuat jaringan nirkabel. Dibuat untuk ruang besar dengan beberapa lantai.
  3. Mempercepat Aliran Data. Koneksi nirkabel yang tidak kelihatan tersebut dapat berdampak besar pada kehidupan kita sehari-hari—menentukan seberapa banyak yang kita selesaikan atau berapa lama kita dapat bersantai. Tak ada yang menginginkan panggilan video yang putus-putus, streaming video yang tersendat-sendat, atau unduhan file yang lambat. Dengan sedikit pengetahuan serta ketekunan, Anda dapat menyesuaikan pengaturan router nirkabel untuk meningkatkan kecepatan koneksi Wi-Fi dan memperluas jangkauan.

Penguatan Kecepatan Wi-Fi

TipeTanggal PeluncuranKecepatan
Nirkabel-B199911 Mbps
Nirkabel-A199954 Mbps
Nirkabel-G200254 Mbps
Nirkabel-N200772/-600 Mbps
Nirkabel-AC2013433-1,4 Gbps

Sumber: https://www.ram.co.id/