Cara Memelihara Kura-kura dengan Mudah!

Cara Memelihara Kura-kura dengan Mudah!

Cara Memelihara Kura-kura dengan Mudah!

Cara Memelihara Kura-kura dengan Mudah!
Cara Memelihara Kura-kura dengan Mudah!

Butuh panduan cara memelihara kura-kura dengan mudah? Walaupun habitatnya berada di lingkungan air, faktanya kura-kura lebih banyak menghabiskan waktunya dengan mengangkat kepala di udara. Ini dikarenakan kura-kura bernapas melalui hidung, bukan lewat insang ibarat pada ikan.

Sesekali kura-kura senang bergerak naik ke daratan atau daerah yang kondisinya kering. Kura-kura juga sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk mendukung proses metabolisme di dalam tubuh, menjaga stamina yang dimiliki, serta memperkuat lapisan kerapasnya. Sedangkan untuk urusan pakan, Anda mampu memberikannya sesuai dengan jenis kura-kura tersebut.

Walaupun habitatnya berada di lingkungan air Simak Catat, Cara Memelihara Kura-kura dengan Mudah!

Berikut ini tips-tips yang perlu Anda perhatikan dalam memelihara kura-kura :

Tampat Pemeliharaan

Tempat pemeliharaan yang paling bagus untuk kura-kura yaitu kolam. Setengah bab bak merupakan perairan dan sisanya lagi berupa daratan. Namun untuk menghemat biaya, Anda juga mampu menggunakan akuarium yang diisi dengan air setinggi 5-10 cm. Kemudian tambahkan kepingan kayu atau gabus sebagai daerah kura-kura untuk bersantai di daratan.

Ukuran daerah pemeliharaan harus diubahsuaikan dengan ukuran dan jumlah kura-kura yang dirawat. Paling tidak daerah tersebut memungkinkan kura-kura tetap mampu bergerak dengan leluasa. Pemakaian akuarium yang berukuran terlalu kecil tentu akan menghambat gerak-gerik si turtle sehingga tingkat pertumbuhannya pun akan lambat.

jenis ikan hias air tawar terindah di aquarium – Akuarium sebaiknya dilengkapi dengan aerator, filtrasi, dan heater. Bila tidak, Anda perlu mengganti air di dalamnya minimal setiap 3 hari sekali. Akuarium yang tidak dilengkapi dengan heater juga sebaiknya dipindahkan ke area yang mendapat sinar matahari ketika pagi hari dan memasukkannya kembali ke dalam ruangan pada malam hari untuk menghindari suhu yang dingin.

Pemberian Makanan

Terdapat begitu banyak jenis kura-kura yang tersebar di seluruh dunia. Masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Tetapi satu hal persamaannya ialah kura-kura merupakan binatang omnivora. Makara bantuan pakan harus bersifat variatif, baik sayuran maupun daging-dagingan. Sesekali kura-kura juga perlu diberikan pakan berupa pelet khusus untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Sesuaikan ukuran makanan yang diberikan terhadap usia kura-kura tersebut supaya dapat dicerna dengan lancar. Kura-kura bayi mampu Anda berikan pelet, cumi-cumi, dan putih telur. Sedangkan kura-kura yang sudah cukup besar mampu diberikan daging ayam, ikan, dan udang. Hindari menunjukkan daun bayam alasannya bersifat racun bagi kura-kura.

Sebagai binatang reptil, kura-kura merupakan hewan yang tidak terlalu banyak makan. Anda mampu menunjukkan makanan sebanyak tiga hari sekali atau pun seminggu sekali. Namun tentu akan lebih baik kalau bantuan pakan dilakukan setiap hari biar kura-kura mampu cepat tumbuh menjadi besar.

Penanganan Penyakit

Kondisi lingkungan yang kurang bagus akan menjadikan kura-kura menjaditidak berselera dalam melahap makanannya. Jika hal ini terus berlanjut, maka cepat atau lambat kura-kura pun akan menderita penyakit. Beberapa penyakit yang seringkali menyerang kura-kura antara lain diare, jamur, dan kulit mengelupas.

Untuk mengatasinya, Anda mampu merendam kura-kura di dalam cairan yang telah ditambahi obat sesuai gejala. Biasanya perendaman ini dilakukan selama 3-7 hari berturut-turut sampai kondisi kura-kura tersebut tampak membaik. Pengobatan penyakit kura-kura secara alami dapat dilakukan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari ketika pagi selama 30-60 menit.