Cara Jitu Bikin Burung Murai Batu Makan Voer

Cara Jitu Bikin Burung Murai Batu Makan Voer

Cara Jitu Bikin Burung Murai Batu Makan Voer

Cara Jitu Bikin Burung Murai Batu Makan Voer

 

Makan utama untuk burung Murai Batu adalah voer, makanan tersebut telah mengandung berbagai macam jenis nutrisi yang dibutuhkan oleh burung Murai seperti, protein, vitamin, dan nutrisi lainnya.

Sedangkan untuk membuat seekor piyik mau makan, seorang breeder biasanya akan melarutkan pakan ini dengan air secukupnya dan mencampurnya bersama kroto. Tujuan utamanya adalah agar burung tersebut mau makan voer walau pun sudah dalam bentuk cair dan ditambahkan kroto.

 

Apapun alasannya tentunya kondisi ini harus bisa anda atasi

Berbicara mengenai voer terkadang seekor Murai dewasa pun bisa melakukan mogok makan voer. Apapun alasannya tentunya kondisi ini harus bisa anda atasi. Karena jika burung Murai enggan makan voer maka dia akan kekurangan nutrisi, lantas, cara apakah yang harus kita lakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Berikut Jalan Ternak akan memberikan cara-caranya khusus untuk anda.

 

1. Lakukan sedikit Pemaksaan

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

a.Hentikan pemberian pakan di siang hari, dengan begitu burung Murai Batu akan merasa kelaparan dan akan terpaksa untuk memakan apapun.

b.Pada siang hari jangan beri pakan apapun seperti jangkrik, maupun EF, cukup sediakan saja voer di wadah makannya.

c.Anda bisa memastikan apakah murai sudah memakan voer atau tidak dengan mengecek kotorannya di sore hari, jika warnanya kehijauan dan menggumpal itu tandanya Murai sudah memakan voer tersebut.

d.Jika burung belum juga makan, Anda bisa coba lemparkan voer kelantai kandangnya dengan begitu burung akan melihat voer dan akan lebih tertarik untuk memakannya. Jika burung memakannya, lanjutkan cara tersebut hingga dua hari. Setelah hari ketiga, baru anda bisa berikan EF (jangkrik) karena burung sudah memiliki nafsu makan yang normal.

 

 

2. Gunakan Cara Pendekatan

Untuk mengatasi burung Murai yang mogok makan voer, anda bisa melakukan cara pendekatan pakan EF sebagai berikut:

a.Potonglah kecil-kecil voer, jangkrik, dan kroto lalu campurkan ketiganya

b.Pastikan anda mencampurkannya secara merata, sehingga ketika Murai memakan jangkrik atau kroto maka voer akan ikut termakan. Jika burung Murai sudah memakan voer maka tandanya bisa dilihat dari kotorannya, jika kotorannya menggumpal dan berwarna kehijauan, maka itu tandanya ia sudah memakan voer.

c.Pada hari-hari berikutnya anda bisa mengurangi porsi jangkrik dan krotonya sedikit demi sedikit. Hingga murai mau memakan voer seutuhnya.

Memang terkadang burung kicau malas untuk mengkonsumsi pakan utamanya, tanpa terkecuali juga untuk burung Murai Batu. Dan disitulah anda harus pandai mengatasi hal tersebut. Sekarang untuk mengatasi hal itu anda bisa menerapkan tips yang sudah Jalan Ternak Bagikan diatas.

 

 

Baca Juga Artikel Lainnya :