Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik

Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik

Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik

Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik
Budidaya Tanaman Sayuran Secara Hidroponik

Sekarang udah amat banyak bermunculan segala tehnik penanaman yg inovatif serta moderen dengan menggunakan technologi. Di antaranya merupakan dalam penanaman sayuran. Sekarang udah banyak di kembangkan langkah menanam sayuran hidroponik, yg nyata-nyatanya bisa juga dilaksanakan di rumah-rumah. Apakah yang dimaksud hidroponik? Dengan cara sederhananya, hidroponik diterangkan juga sebagai langkah menanam tanaman dengan air tanpa ada media tanah. Selanjutnya bagaimanakah cara menanam sayur apabila ga ada tanahnya?

Benar-benar dapat dinalar, dikarenakan sejauh ini tanah memiliki fungsi juga sebagai penyangga tanaman serta juga sebagai pelarut unsur hara atau nutrisi dari air yg ada didalam tanah serta kedepannya dapat diserap oleh tanaman. Dengan dmeikian, kegunaan tanah dapat ditukar dengan benda lain. Penemuan itu disebut juga sebagai hidroponik serta saat kali pertama diketemukan oleh W. A. Setchell serta W. F. Gericke dari University of California.

Langkah Menanam Sayuran Dengan cara Hidroponik

Andaikan tdk ditanam di ntanah, selanjutnya sayurannya ditanam di mana? Andaikan dikelompokkan menurut di mana media tumbuh atau di mana sayurannya dapat tumbuh, tehnik hidroponik dibedakan jadi tiga, yakni :

Kultur Air

Tehnik kultur air itu malahan udah beberapa ratus th. dimanfaatkan, yakni di mulai pada zaman ke-15 oleh bangsa Aztec. Mereka memanfaatkan suatu sistem di mana tanaman ditanam pada media khusus tidak hanya tanah.

Namun demikian media tempat mereka menanam tanah itu juga mempunyai kandungan unsur hara yg diperlukan oleh tanaman maka tanaman bisa juga menyerap unsur hara itu walaupun tanpa ada media tanah.

Kultur Agregat

Media tanam yg satu itu bersifat batu kerikil, pasir, dan seterusnya. Namun demikian media tanam itu semestinya disterilkan dulu sebelum saat dimanfaatkan juga sebagai media tanam.

Langkah berikan nutrisi terhadap tanamannya yakni dengan mengalirinya memanfaatkan air yg mempunyai kandungan nutrisi yg udah di tempatkan dalam wadah.

NFT (Nutrient Film Technique)

Media langkah menanam sayuran hidroponik yg dimanfaatkan dalam tehnik NFT itu merupakan suatu “selokan” yg terbuat dari logam tidak tebal yg tahan karat.

Lantas pada selokan itu dapat dialiri air yg udah mempunyai kandungan nutrisi yg diperlukan oleh tanaman.

Nah, di antara ketiga tehnik menanam hidroponik tanpa ada memanfaatkan media tanah yg baru saja udah diterangkan, tentukan satu tehnik yg menurut Anda paling efektif utk menanam sayuran. Namun demikian sesudah itu kerap keluar pertanyaan mengenai apakah unsur hara atau nutrisi yg diperlukan oleh tanaman terpenuhi andaikan memanfaatkan sistim hidroponik?

Butuh Anda pahami bahwa terdapat banyak factor terutama yg dapat pengaruhi terpenuhi atau tidaknya nutrisi yg diperlukan oleh tanaman yg ditanam dengan sistim hidroponik, salah satunya :

Unsur Hara atau Nutrisi

Langkah menanam sayuran hidroponik biar akhirnya optimal terang mesti mencermati nutrisi yg diperlukan oleh tanaman. Nutrisi terang benar-benar terutama buat tanaman yg ditanam dengan cara hidroponik biar tanaman dapat konsisten hidup serta tumbuh.

Utk buat larutan unsur hara atau nutrisi itu, Anda dapat membuatnya melalui langkah melarutkan garam pupuk di air.

Media Tanam

Seperti yg tadi udah diulas di paragraf-paragraf sesudah itu, bahwa ada 3 tehnik hidroponik yg memanfaatkan media tanam yg tidak serupa. Tentukan media yg dapat buat jumlah unsur hara atau nutrisi konsisten cukup utk tanaman serta semestinya tdk beresiko utk tanaman.

Nah, tidak hanya dua perihal tersebut, Anda juga mesti mencermati suplai air serta oksigen dalam sistim hidroponik yg Anda jalankan biar tanamannya dapat tumbuh dengan cara optimal. Demikianlah penjelasan mengenai langkah menanam sayuran hidroponik. Mudah-mudahan kabar tadi berfaedah utk Anda.

Baca Juga :