Bintang dan Galaksi

Bintang dan Galaksi

Bintang dan GalaksiBintang dan Galaksi

  1. Bintang

Bintang adalah benda langit yang mampu memancarkan cahaya sendiri akibat berlangsungnya reaksi inti di dalam tubuhnya. Bintang juga merupakan benda langit yang jaraknya sangat jauh dari bumi, Penentuan jarak bintang baru dapat dilakukan pada abad ke-19.  Cara yang digunakan adalah cara paralaks trigonometri.  Dilihat dengan teropong,  bintang hanya terlihat sebagai titik cahaya saja yang tidak ada bedanya dengan kalau kita melihat dengan mata telanjang (tanpa alat).  Penggunaan teropong atau teleskop dapat membantu pengamatan bintang lebih teliti,  di antaranya:

1)      bintang yang sangat lemah cahayanya dapat dilihat dan diamati.  Dengan teleskop bergaris tengah 60 cm kita dapat melihat bintang yang 100.000 kali lebih lemah daripada bintang terlemah yang dilihat dengan mata telanjang (tanpa alat)

2)      bintang yang jarak sudutnya sangat kecil dapat dilihat secara terpisah

Makin jauh letak suatu bintang,  makin kecil linlasan elipsnya dan makin kecil pula paralaksnya (pergeseran yang tampak dari titik 1 terhadap titik 2 yang disebabkan oleh perubahan posisi pengamat), pada abad ke-16 Tycho Brahe mencoba mengamati paralaks bintang.  Waktu itu belum ada teropong sehingga Tycho Brahe tidak berhasil mengamati paralaks bintang,  sehingga dia menganggap teori heliosentris Copernicus tidak benar,  walaupun dia tidak memperhitungkan ketidaksempurnaan alatnya.

Tata Nama Bintang, ada beberapa macam cara yang digunakan oleh para ahli Astronomi dalam memberikan nama bintang,  di antaranya adalah:

  1. pemberian nama berdasarkan nama yang telah diberikan atau digunakan orang sejak zaman kuno,  misalnya bintang Antares,  bintang Sirius,  bintang Betelgeuse dan bintang Aidebaran
  2. pemberian nama menurut rasi atau konstelasi tempat bintang itu berada,  misalnya Centauri adalah bintang terterang di rasi Centaurus.  Sedang bintang Centauri adalah bintang kedua terterang dirasi Centurus,  demikian seterusnya. Bintang Antares juga disebut bintang Scorpii,  artinya bintang terang di rasi Scorpio.
  3. dalam astronomi modern,  nama bintang dinyatakan menurut nomornya dalam katalog.  Misalnya bintang HD 226868 adalah bintang yang tercantum dalam katalog.  Henry Draper dengan nomor 226868,  bintang M 31 adalah bintang yang terdapat dalam katalog Missier dengan nomor 31,  dan bintang NGC 6205 adalah bintang yang tercantum dalam New General Catalogue dengan nomor 6205.

 

Sumber :

https://icbbumiputera.co.id/cara-menghapus-postingan-lama/