Bentuk-bentuk Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Bentuk-bentuk Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Bentuk-bentuk Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Bentuk-bentuk Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan

Menurut Matin dan Fuad (2016 : 95-97) pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan dilihat dari jenis-jenis upaya yang dilakukan dapat dikelompokkan ke dalam empat bentuk yaitu (1) pemeliharaan berdasarkan ukuran waktu; (2) pemeliharaan berdasarkan umur penggunaan barang; (3) pemeliharaan berdasarkan penggunaannya; dan

(4) pemeliharaan berdasarkan kondisi barang.

  1. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berdasarkan Ukuran Waktu
  2. Pemeliharaan sehari-hari

Pemeliharaan sehari-hari merupakan pemeliharaan yang dilakukan setiap akan atau selesai pemakaian. Pemeliharaan ini dilakukan secara langsung saat digunakan. Misalnya dalam menggunakan mesin-mesin kantor, pemakai sebaiknya selalu menjaga kebersihannya atau mengatasi kerusakan-kerusakan kecil pada sarana dan prasarana yang digunakan.

  1. Pemeliharaan berkala

Pemeliharaan berkala merupakan pemeliharaan yang dilakukan secara berkala atau dalam jangka waktu tertentu sesuai petunjuk penggunaan. Misalnya penggunaan mesin-mesin kantor yang memerlukan perawatan dan pengecekan pada 1 bulan atau 3 bulan sekali, atau pada kendaraan bermotor dengan ketentuan setelah jarak tempuh tertentu.

Upayadalampemeliharaaninibiasanyadilakukansendiri oleh penggunanyaataumemanggilahli pada bidang yang sesuai.

  1. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Berdasarkan Umur Pengguna Barang
  2. Usia barang secara fisik

Pemeliharaan ini menekankan pada usia setiap barang. Dasar dari pemeliharaan ini adalah bahwa setiap barang terutama elektronik dan/atau mesin mempunyai batas waktu penggunaannya. Untuk peralatan dan mesin kondisi using itu sangat relatif. Pada kondisi

sumber :
https://www.thorhammer.co.id/redden-apk/