Benarkah Desain Rumah Bisa Memengaruhi Kebahagiaan Penghuninya?

Benarkah Desain Rumah Bisa Memengaruhi Kebahagiaan Penghuninya?

Benarkah Desain Rumah Bisa Memengaruhi Kebahagiaan Penghuninya?

Rumah bukan sekedar tempat tinggal, tapi tempat dimana Anda bisa menemukan kebahagiaan.

Menurut hasil survei yang dilakukan oleh Houzz, 87% dari 6.000 responden menyatakan bahwa desain rumah mempengaruhi tingkat kesejahteraan mereka.

Sekitar 70% orang yang merombak atau mendekorasi rumahnya mengatakan bahwa mereka senang dengan kenyamanan rumahnya dari hasil renovasi tersebut.

Pemilik rumah yang memberi tahu saya bahwa mereka membutuhkan perbaikan rumah tampaknya tidak senang. Hanya 51% responden yang senang dengan rumah yang perlu direnovasi.

Ini membuktikan bahwa ukuran rumah, barang mewah dan furniture bukanlah penentu atau faktor kebahagiaan yang paling utama. Kenyamanan dan dekorasi rumah bisa menentukan tingkat kebahagiaan penghuni.

Seorang filsuf Perancis bernama Gaston Bashlar menyatakan dalam sebuah buku berjudul “Poetry of Space” pada tahun 1958 bahwa rumah itu menerima dan melindungi impian orang-orang yang tinggal di sana. Rumah ini adalah tempat pertama yang akan ditanam penduduk dan diharapkan dapat memupuk mimpi dan harapan.

Seperti yang dikatakan Gaston, memiliki rumah yang menjadi sumber kebahagiaan di mana Anda bisa menanam dan menumbuhkan impian dan harapan Anda tentu merupakan keuntungan. Tidak semua orang memiliki kesempatan atau situasi seperti itu.

Saatnya berpikir untuk menjadi kreatif! Ciptakan kebahagiaan di rumah Anda!

Memulai Good House Keeping, berikut beberapa hal yang bisa Anda coba terapkan untuk menjadikan rumah Anda sumber kebahagiaan.

Pilihan warna cat dinding

Menurut studi Free University of Amsterdam, hijau dan kuning adalah pilihan warna yang bisa membangkitkan rasa sejahtera.

Tanaman dan bunga dalam ruangan

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Ratgers, kehadiran bunga dapat memancing emosi bahagia dan meningkatkan kepuasan emosional dan hidup.

Bagi sebagian orang, hanya menyuguhkan bunga segar atau buatan saja sudah bisa membuang-buang uang. Pandangan ini salah. Bunga dan tanaman hias tertentu dapat menciptakan perasaan sejahtera yang sebenarnya tidak dapat dibeli dengan uang.

Semprotan deodoran

Mengapa tidak membawa pulang aroma bunga daripada bunga segar?

Aroma bunga menimbulkan perasaan bahagia. Reseptor penciuman di hidung terkait dengan bagian otak yang menentukan emosi. Aroma bunga bisa meningkatkan perasaan bahagia saat berciuman.

Lihat foto

Sebuah studi di University of Portsmouth menemukan fakta bahwa foto-foto lama bisa memberikan perasaan positif dan tenang saat melihatnya.

Lihat foto kenangan terbaik dan letakkan di tempat kosong. Seperti meja, dinding di ruang tamu, atau bahkan kamar tidur.

Lilin beraroma vanila

Saat ini, tidak sulit menemukan lilin aromaterapi dengan berbagai bentuk dan wangi yang indah.

Silakan pilih bentuk lilin favorit Anda. Pada saat yang sama, Anda bisa mempercantik ruangan. Agar terasa enak, pilih aroma vanilla.

Menurut penelitian Chemical Senses, aroma vanilla bisa membuat seseorang bahagia.

Membelai

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Personality and Social Psychology, hewan peliharaan menjadi salah satu faktor yang membuat orang bahagia.

Hewan peliharaan memberikan dukungan yang sangat berarti bagi pemiliknya. Hewan peliharaan seperti kucing dan anjing membantu kita keluar dari isolasi sosial dan meningkatkan kehidupan kita.

Desain keren lainnya: Jasa Arsitek Lampung

Kebersihan rumah

Banyak alasan mengapa kebersihan menjadi salah satu hal dan faktor penting yang membuat seseorang dan kita bahagia.

Kebersihan dapat memberikan kenyamanan dan rasa memiliki yang melampaui ukuran rumah atau furnitur mewah.

Banyak fakta bahwa pakaian dan piring kotor bisa membuat Anda tidak bahagia. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk menjaga rumah dan tempat tinggal kita di tempat yang bersih, rapi dan nyaman. Rumah yang bersih tentunya menjadi tempat tinggal yang nyaman. Karena itu, kebahagiaan sejati ada.