Asas – Asas dalam Manajemen

Asas – Asas dalam Manajemen

Asas – Asas dalam Manajemen

Asas (prinsip) merupakan suatu pernyataan fundamental atau kebenaran umum yang dapat dijadikan pedoman pemikiran dan tindakan. Asal muncul dari penelitian dan pengalaman, asa sifatnya permanen, umum dan setiap ilmu pengetahuan memiliki asas yang mencerminkan intisari kebenaran dasar dalam bidang ilmu tersebut. Berikut terdapat asas umum manajemen menurut Henry Fayol yaitu:

  1. Asas pembagian kerja
  2. Asas wewenang dan tanggung jawab
  3. Asas disiplin
  4. Asas kesatuan perintah
  5. Asas kesatuan jurusan atau arah
  6. Asas kepentingan umum diatas kepentingan pribadi
  7. Asas pembagian gaji yang wajar
  8. Asa pemusatan wewenang
  9. Asas hirarki atas asas berkala
  10. Asas keteraturan
  11. Asas keadilan
  12. Asas inisiatif
  13. Asas kesatuan
  14. Asas kestabilan masa jabatan
  1.      Arti Penting Manajemen

–       Untuk mempermudah dalam melaksanakan aktifitas organisasi

–       Mempermudah pencapaian tujuan organisasi.

–       Untuk menjaga keseimbangan dalam sebuah organisasi

–       Mencapai efektifitas dan efisiensi dalam berorganisasi

 

POS-POS TERBARU