ASAL-USUL CANDI PRAMBANAN

ASAL-USUL CANDI PRAMBANAN

ASAL-USUL CANDI PRAMBANAN

ASAL-USUL CANDI PRAMBANAN

Candi Prambanan merupakan

salah satu candi yang terkenal di kalangan masyarakat Indonesia terutama di pulau Jawa. Candi yang terletak di Jl. Raya Solo – Yogyakarta Nomor 16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta itu merupakan candi yang terkenal dengan legendanya.

Candi Prambanan sendiri dibangun pada abad ke-9 masehi. Pembuatan Candi Prambanan diketahui sebagai persembahan pada tiga dewa utama Hindu atau Trimurti yang terdiri dari Brahma, Wishnu dan Siwa.

Menurut prasasti Siwagrha, Candi Prambanan mulai dibangun pada sekitar tahun 850 Masehi oleh Rakai Pikatan. Pembangunan candi itu lantas dikembangkan serta diperluas oleh Balitung Maha Sambu pada masa kerajaan Medang Mataram.

Pada saat pembangunan Candi Prambanan, petugas pekerjaan umum juga melakukan perubahan tata air. Ada proyek pemindahan aliran sungai di dekat candi agar tidak membahayakan konstruksi candi dan menyebabkan erosi.

Pembangunan awal itu terus disempurnakan oleh raja-raja Medang Mataram berikutnya seperti raja Daksa dan Tulodong. Pembangunan itu terus diperluas hingga ada ratusan candi-candi tambahan di sekitar candi utama.

Pada masa kejayaannya, Candi Prambanan berfungsi sebagai candi agung dimana berbagai upacara penting digelar. Selain itu, ratusan pendeta dan muridnya berkumpul di Candi Prambanan dalam rangka mempelajari kitab Weda dan melaksanakan ritual.


Sumber: https://priceofcialisrnx.com/2020/04/cytus-ii-apk/