Anies-Sandi Digital Volunteer

Anies-Sandi Digital Volunteer

Anies-Sandi Digital Volunteer

Anies-Sandi Digital Volunteer
Anies-Sandi Digital Volunteer
  1. Dimulai dari Pembentukan INSIDER (Anies-Sandi Digital Volunteer)

INSIDER, merupakan Pendukung pasangan Anies Rasyid Baswedan-Sandiaga Uno dalam proses Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017, yang mana mereka ini merupakan relawan yang mengampanyekanAnies-Sandi, dengan menggunakan media sosial sebagai lahan utama yang akan di olah. Dalam hal ini, ada tiga hal penting yang diperhatikan oleh setiap anggota (Gunawan, 2016), yaitu:

  • Konten

Konten ini mewujudkan wajah dari pasangan yang dicalonkan, yaitu Anies dan Sandi, dengan copy writernya atau isi pesannya, harus disampaikan secara jelas dan dapat diterima masyarakat. Berfokus pada pembuatan konten yang membuat diri memiliki rasa bangga untuk menshare konten tersebut dan juga menggerakan hati netizen lain untuk ikut menshare postingan tersebut. Pada akhirnya konten ini sangat berpengaruh untuk membentuk opini masyarakat.

  • Positioning

Berkomitmen untuk stay positive, mengedepankan demokrasi sejuk, dan kampanye damai, kita ikuti saja arahan itu.

  • Self-branding

Dilakukan dengan secara konsisten memposting simbol atau lambang yang menjadi karakteristik paslon (pasangan) nomor urut 3 (Anies Sandi), seperti mislanya dengan slogan “Maju kotanya, bahagia warganya”, “salam 3 jari”, dan “salam bersama”.

Dalam hal ini, postingan atau konten yang disajikan adalah mengenai hal-hal yang membuat kedua sosok menjadi istimewa dan patut untuk menjadi pemimpin masa depan di DKI Jakarta, tentunya dengan halhal positif yang dimiliki oleh setiap karakter, seperti misalya Anies yang merupakan tokoh penggerak nasional Indonesia mengajar, gerakan turun tangan yang diepolopori Anies, Top 50 cendikiawan, dan lain sebagainya. Sementara Sandi yang memiliki banyak hal positif yang bisa dibanggakan seperti meraih Suma Cumlaude, pebisnis sukses, hobby olahraga dan lain sebagainya. Seluruh hal tersebut bisa dimasukan kedalam konten kampanye dengan tujuan tujuannya selain mengetahui visi misi dan program kerja keduanya, masyarakat juga bisa mengenal kepribadian paslon lebih dalam, dan mengetahui sepak terjang yang telah mereka lakukan selama ini (Gunawan, 2016).

  1. Target Pemilih Muda

Pemilih pemuda memang menjadi target utama, sehingga pendekatan dengan media sosial merupakan hal yang penting, keren apada dasarnya, pemilih muda banyak yang tengah kecanduan media sosial, seperti misalnya Facebook dan Twitter. Dalam angka untuk kemenangan. Tim Insider, lebih berfokus dalam mengelola sosial media Facebook dengan anggapan bahwa kebanyakan anak muda akan memilik Facebook dibandingkan Twitter ketika membuat akun sosial media pertama mereka, dengan konten yang tidak terlalu banyak memuat konten politik (Yulianti, 2017).

Dalam hal ini, Tim Insider cukup sukses mempengaruhi pilihan netizen yang mayoritas merupakan anak muda, dengan menampilkan karakter Sandiaga Uno yang gesit, gemar berolahraga, stylish, dan penuh ide-ide kreatif. Dapat dikatakan, strategi ini cukup sukses, pasalnya tidak dapat dipungkiri bahwa pengguna media sosial yang kebanyakan anak muda, dimana mereka lebih condong memilih tokoh-tokoh muda karena identik dengan menawarkan perubahan (Moerti, 2017).

  1. Dilakukan dengan Santun

Berkaitan dengan hal ini, kampanye di media sosial harus dilakukan dengan mengutamakan nilai-nilai etis, serta gagasan dan program kerja pasangan calon. INSIDER dengan komitmen untuk melakukan pelatihan intensif dengan tujuan agar tim pendukung dan relawan dapat berkampanye secara santun (Dariyanto, 2016). Hal ini karena selain media sosial bisa menyampaikan pesan yang lebih mendalam kepada masyarakat, namun tidak dapat dipungkiri bahwa terdapat banyak tantangan yang harus dihadapi antara lain terkait masalah bully, dan kampanye hitam serta sejumlah informasi hoax yang disebar para buzzer di dunia maya (Moerti, 2017), yang nantinya dapat berbalik arah. Sehingga, jika kampanye melalui media sosial dilakukan dengan etika akan membuktikan bahwa pasangan Anies-Sandi memiliki citra yang baik di mata masyarakat.

Baca Juga :