Ancaman Non Militer

Ancaman Non Militer

Ancaman Non Militer adalah ancaman yang tidak menggunakan kekuatan senjata tetapi jika dibiarkan akan membahayakan kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa. Yang bertugas menghadapi ancaman non militer adalah lembaga pemerintah di luar bidang pertahanan sesuai dengan bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi dengan di dukung oleh unsur unsur lain dari kekuatan bangsa. Aspek ekonomi dalam kerangka pertahanan negara memiliki peran vital.

Ekonomi dengan pertumbuhan yang cukup tinggi akan memungkinkan terselenggaranya pembangunan pertahanan cukup efektif.

Ekonomi juga dapat menunjang aspek-aspek lain, seperti aspek politik, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, dan lainnya.

Sasaran pembangunan bidang ekonomi adalah pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi bagi perwujudan stabilitas ekonomi yang memberikan efek kesejahteraan dan penangkalan yang efektif sekaligus mampu menjadi pemenang dalam era globalisasi.

Ekonomi tidak hanya alat stabilitas negara,   tetapi juga merupakan salah satu alat penentu posisi tawar setiap negara dalam hubungan antarnegara maupun pergaulan internasional.

Negara-negara dengan kondisi perekonomian yang lemah sering menghadapi kesulitan dalam berhubungan dengan negara lain yang posisi ekonominya lebih kuat.

Ancaman Berdimensi Ekonomi Dikelompokkan Menjadi 2

–          Internal

Ancaman Internal adalah ancaman yang disebabkan atau berasal dari dalam negeri itu sendiri.

–          Eksternal

Ancaman Eksternal adalah ancaman yang dapat disebabkan oleh pengaruh negara-negara lain atau oleh luar negeri.

sumber :