5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Android

5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Android

5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Android

 

5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Android
5 Cara Mengatasi “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” di HP Android

 

Tentunya bagi kalian pengguna android pernah mengalami aplikasi tertutup secara paksa dan terjadi tiba-tiba. Kejadian ini tentunya akan membuat kalian merasa kesal, apalagi ketika kalian sedang asik-asiknya bermain ponsel pintar kalian untuk bermain game. Kejadian ini merupakan kejadian yang cukup sering dialami oleh sebagian pengguna android.

Ketika kalian sedang membuka sebuah aplikasi atau game dan tiba-tiba aplikasi tersebut tertutup secara paksa / force close biasanya disebabakan oleh beberapa hal. Ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya pesaan error “sayangnyg, aplikasi telah behenti” atau dalam bahasa inggris adalah “Unfortunately, App Has Stoped”, diantaranya adalah:

File Cache / Sampah yang Menumpuk. File cache dari aplikasi dan game yang ada di HP kalian yang dibiarkan saja dan tidak dihapus dapat menyebabkan kinerja HP kalian menjadi lambat dan lemot. Hal inilah yang bisa menyebabkan aplikasi yang sedang kalian gunakan menjadi tertutup secara tiba-tiba.
RAM Android yang Penuh. RAM Android yang penuh juga bisa menjadi penyebab aplikasi yang kalian sedang gunakan menutup secara tiba-tiba. Hal ini terjadi karena RAM Android kalian tidak kuat atau tidak mampu menjalankan beberapa aplikasi sekaligus yang ada di Android kalian. Oleh karena itu kalian tidak boleh menjalankan banyak aplikasi di satu waktu.
Koneksi Internet Putus / Lemot. Saat kalian bermain game online atau pun streaming video tentunya kalian memerlukan koneksi internet. Ketika koneksi internet kalian tiba-tiba putus atau menjadi lambat bisa saja aplikasi yang sedang kalian buka itu menutup secara tiba-tiba.
Aplikasi Tidak Kompatibel. Ada banyak sekali aplikasi Andoid di Google Play Store, namun tidak semua aplikasi mendukung di semua HP Android. Terdapat beberapa aplikasi yang tidak bisa digunakan di beberapa merk atau tipe Android. Ketika kalian memaksakan untuk memasang aplikasi tersebut pada HP Android tersebut maka aplikasi akan keluar secara tiba-tiba ketika digunakan.

Itulah beberapa penyebab yang mungkin bisa menyebabkan terjadi aplikasi yang keluar secara tiba-tiba. Jika kalian merasa bahwa penyebab di atas kalian alami maka kalian tidak perlu khawatir. Kali ini Mastekno akan memberikan beberapa metode untuk mengtasi “sayangnya, aplikasi telah berhenti” di HP Android.

Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti di HP Android

Daftar Isi

Cara Mengatasi Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti di HP Android
#1. Hapus Cache Aplikasi
#2. Paksa Berhenti dan Hapus Data
#3. Update Aplikasi
#4. Install Ulang Aplikasi
#5. Factory Reset / Kembali ke Pengaturan Pabrik

Metode yang kami jelaskan berikutnya tidak sepenuhnya bisa berhasil, namun tidak ada salahnya kalian mencoba menggunakan cara berikut ini ketika kalian mengalami masalah di atas tadi. Okeh silahkan kalian simak artikel berikut ini dan coba satu per satu mulai dari cara yang pertama.

#1. Hapus Cache Aplikasi

Cara pertama dan termudah yang bisa kalian gunakan adalah dengan menghapus cache yang ada di HP Android kalian. Seperti yang kalian ketahui bahwa cache yang dibiarkan saja dan menumpuk bisa membuat kinerja dari HP kalian menjadi lambat dan lemot. Bahkan hal ini juga bisa mengakibatkan aplikasi yang kalian buka tertutup secara paksa ketika sedang digunakan. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa coba hapus cahe yang ada di HP kalian, kalian bisa melakukannya secara manual atau menggunakan aplikasi pembersih di Google Play Store. Berikut adalah cara hapus cache secara manual di Android:

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 1

Masuk ke Pengaturan >> Aplikasi terinstal >> Cari “Nama Aplikasi” >> Hapus data >> Bersihkan cache.

#2. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Cara lain yang bisa kalian gunakan ketika kalian mengalami masalah aplikasi yang menutup tiba-tiba dan muncul pesan error “sayangnya, aplikasi telah berhenti” adalah dengan memberhentikan aplikasi tersebut secara paksa lewat pengaturan dan menhapus data aplikasi tersebut. Cara ini bisanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang satu ini. Namun perlu kalian ketahui bahwa dengan menghapus data, maka data aplikasi yang ada di HP kalian tersebut akan hilang dan kembali seperti semula, jadi kalian harus pikirkan baik-baik kalau bisa backup data terlebih dahulu. Berikut adalah cara paksa berhenti aplikasi dan hapus data:

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 2

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi terinstall >> Cari “Nama Aplikasi” >> Hapus data >> Hapus semua data.

#3. Update Aplikasi

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 4

Jika setelah kalian mencoba kedua cara di atas tadi namun tetap tidak berhasil, maka kalian bisa coba mengupdate aplikasi yang sering keluar tiba-tiba tersebut. Karena bisa saja versi aplikasi tersebut sudah lama tertinggal dan perlu di update ke versi terbaru. Kalian bisa melakukan update melalui Google Play Store atau dengan mendownload file aplikasi terbaru dari aplikasi yang sering keluar tiba-tiba tersebut. Namun kami sarankan untuk melakukan update melalui Google Play Store supaya terjamin keamanannya.

#4. Install Ulang Aplikasi

Tetap tidak berhasil? Maka kalian bisa coba untuk meng-uninstall aplikasi tersebut kemudian menggantinya dengan aplikasi yang baru yang bisa kalian download di Google Play Store. Cara bisa menjadi alternatif untuk kalian jika masalah aplikasi yang keluar tiba-tiba tak kunjung berhasil di atasi, karena mungkin saja aplikasi yang ada di HP kalian tersebut itulah yang bermasalah dan perlu diganti. Cara ini kebanyakan berhasil untuk mengatasi aplikasi yang error dan sering keluar tiba-tiba, pasalnya aplikasi tersebut sudah kalian ganti dengan yang baru. Untu cara uninstal aplikasinya sangatlah mudah, berikut adalah tutorialnya:

Buka menu Pengaturan >> Aplikasi terinstall >> Cari “Nama Aplikasi” >> Uninstal.

#5. Factory Reset / Kembali ke Pengaturan Pabrik

Jika kalian sudah mencoba semua cara di atas namun tetap tidak berhasil mengatasi aplikasi yang sering keluar sendiri secara tiba-tiba, maka langkah terakhir yang bisa coba kalian lakukan adalah factory reset. Namun menurut saya cara ini bukanlah cara terbaik, karena dengan factory reset maka semua data dan aplikasi yang ada di HP Android kalian akan hilang. HP kalian akan kembali seperti semula saat pertama kali beli (bagian dalam atau softwarenya yah, bukan hardwarenya), jadi jika ingin menggunakan cara ini disarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data penting yang ada. Cara factory reset adalah sebaagi berikut:

cara mengatasi sayangnya aplikasi telah berhenti di android 4

Buka menu Pengaturan >> Setelan tambahan >> Cadangkan & Setel Ulang >> Kembalikan ke setelan pabrik.

Demikianlah tutorial yang bisa Mastekno sampaikan kepada kalian tentang cara mengatasi aplikasi berhenti-tiba di hp android. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat dan bisa membantu kalian mengatasi aplikasi di Android yang sering keluar dan tiba-tiba berhenti sendiri. Kalian bisa coba cara di atas satu per satu mulai dari cara yang pertama dan alternatif terakhir adalah dengan factory reset HP Android kalian.

Tutorial Android

« 5 Situs Pinjaman Uang Online Terbaik 2020: Mudah dan Dana Cepat Cair
5 Cara Masuk Private Browser & Incognito: Chrome, Firefox, Opera, Internet Explorer »
Mochamad Alif Prayogo Pengin jadi orang kaya tapi belum tercapai, sudah berbagai usaha dilakukan tapi tidak konsisten, tolooong~

5 Cara Mengatasi Aplikasi PC ‘Has Stopped Working’ Pada Windows 7, 8 dan 10, Terbukti Ampuh!

6 Januari 2019 2 min read
cara mengatasi aplikasi sering keluar sendiri di laptop

Software atau aplikasi merupakan salah satu pelengkap utama dalam sistem komputer. Tanpa adanya aplikasi, tentu sebuah PC tidak akan bisa melakukan berbagai tugasnya dengan baik. Namun terkadang software yang ada pada komputer maupun laptop kita mengalami masalah error dan tidak bisa berjalan sempurna. Contohnya adalah ketika aplikasi mengeluarkan notif ‘has stopped working’ dan kemudian tertutup sendiri. Kenapa begitu?

5 Penyebab dan Solusi Software Komputer yang Error dan Tertutup Sendiri

Daftar Isi

5 Penyebab dan Solusi Software Komputer yang Error dan Tertutup Sendiri
#1. Error yang Terjadi Karena Serangan Virus
#2. Ada File yang Corrupt atau Hilang
#3. Ubah Setting Computer Configuration
#4. Perbaiki Lewat CMD
#5. Periksa Setting Kompatibilitas File Exe Aplikasinya

Namanya juga teknologi, ketika terjadi suatu error itu adalah sesuatu yang wajar. Namun yang perlu kita lakukan adalah menjadi penyebab serta cara untuk mengatasinya. Dengan begitu kita bisa memperbaiki error yang terjadi sehingga aplikasi bisa berjalan sebagaimana mestinya. Dan berikut ini beberapa tips dari Mastkno untuk mengatasi aplikasi PC yang sering berhenti sendiri.

#1. Error yang Terjadi Karena Serangan Virus

tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Virus dan Malware masihlah menjadi salah satu ancaman terbesar bagi perangkat PC dan komputer. Mereka bisa melakukan berbagai hal jahat yang tujuannya untuk mengganggu kinerja dari perangkat tersebut. Dan ketika serangan virus sudah menjangkit komputer, tentu akan mengakibatkan proses di dalamnya menjadi terganggu. Maka dari itu bisa terjadi error pada aplikasi yang ada dan menyebabkan mereka berhenti bekerja. Untuk mengatasinya kalian bisa lakukan scan dengan software antivirus yang ampuh seperti Avast. Setelah itu uninstall aplikasi yang error dan lakukan pemasangan ulang.

#2. Ada File yang Corrupt atau Hilang

tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Sebuah aplikasi dapat berjalan jika semua bagiannya lengkap. Apabila ada satu bagian yang hilang ataupun tidak berjalan dengan baik, maka tentu keseluruhan kinerjanya akan terganggu. Maka dari itu jika ada software yang error dan tidak bisa dijalankan, kemungkinan karena ada yang salah dengan filenya. Cobalah untuk melakukan pemasangan ulang dengan prosedur yang benar.

#3. Ubah Setting Computer Configuration

Untuk tips yang ini kalian bisa langsung mengikuti panduan dibawah :

Klik start dan masuk ke Run atau tekan tombol Windows + R kemudian ketik gpedit.msc setelah itu enter.tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Masuk pada bagian Computer Configuration > Administrative Template > System > Internet Communication Management > Internet Communication Setting.tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Perhatikan pada bagian kanan, klik kanan pada opsi Turn Off Windows Customer Experience Improvement Program kemudian pilih Edit.tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Ubah setting menjadi Enable kemudian klik Apply dan tutup.tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Setelah itu kalian coba lagi untuk menjalankan aplikasi yang error tersebut.

#4. Perbaiki Lewat CMD

tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Command Prompt memang sangat berguna untuk berbagai hal. Dan ia juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi aplikasi yang berhenti bekerja tersebut. Untuk caranya kalian buka CMD kemudian ketik sfc/scannow dan tekan Enter. Tunggu prosesnya berjalan, Windows akan berusaha merepair jika ada file yang rusak atau hilang dari sistem kalian. Jika sudah selesai coba untuk membuat software yang error apakah sudah bisa berjalan normal.

#5. Periksa Setting Kompatibilitas File Exe Aplikasinya

Untuk cara yang terakhir cobalah adalah memeriksa pengaturan pada file exe software yang error. Untuk tutorialnya bisa kalian simak berikut ini :

Pertama matikan layanan antivirus yang ada pada komputer kalian, setelah itu masuk ke disk C > Program Files dan cari apikasi yang error.

Saya contohkan disini adalah photoshop, cari dan klik kanan pada file exe nya dan pilih Properties.

tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Setelah terbuka, pindah ke tab Compatibility setelah itu berikan ceklist pada opsi Run this program in compability mode for dan sesuaikan dengan OS yang kalian pakai. Setelah itu klik Apply dan tutup windowsnya.tutorial memperbaiki aplikasi pc error tertutup sendiri

Nah terakhir cobalah untuk kembali menjalankan software tersebut apakah sudah berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian cara untuk mengatasi aplikasi ‘has stopped working’ pada PC Windows 7, 8 dan 10. Semoga dengan beberapa tips trik diatas bisa memperbaiki masalah software yang error dan suka tertutup sendiri. Jika beberapa dari kalian punya pengalaman seputar masalah ini, bisa membagikannya di kolom komentar. Untuk yang memiliki pertanyaan juga silahkan tulis dibawah.

Sumber:

https://infinidb.org/