10 Rahasia Orang Beristighfar

10 Rahasia Orang Beristighfar

10 Rahasia Orang Beristighfar

10 Rahasia Orang Beristighfar
10 Rahasia Orang Beristighfar

1. Melancarkan Rizki

Rasulullah M bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rizkinya karena dosa yang dilakukannya.” (HR. Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah).

2. Membersihkan Hati

Rasulullah M bersabda, “Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan ber-istighfar, maka bersihlah hatinya.” (HR. Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi dan ia nyatakan sebagai hadits shahih).

3. Mengangkat Derajatnya di Surga

Rasulullah M bersabda, “Sesungguhnya Allah akan mengangkat derajat seorang hamba di surga. Hamba itu berkata, ‘Wahai Allah, dari mana saya dapat kemuliaan ini?’ Allah berkata, ‘Karena istighfar anakmu untukmu’.” (HR. Ahmad dengan sanad hasan).

4. Mengikuti Sunnah Rasulullah SAW

Abu Hurairah berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah bersabda, Demi Allah, Sesungguhnya aku minta ampun kepada Allah (beristighfar) dan bertaubat kepada-Nya dalam sehari lebih dari tujuh puluh kali” (HR. Bukhari).

5. Menjadi Sebaik-baik Orang yang Bersalah

Rasulullah M bersabda, “Setiap anak Adam pernah bersalah, dan sebaik-baik orang yang bersalah adalah yang segera bertaubat.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, al-Hakim dan dishahihkannya).

6. Bersifat Sebagai Hamba Allah Yang Sejati

Allah SWT berfirman, “Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (Yaitu) orang-orang yang berdo’a: “Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka,” (yaitu) orang-orang yang sabar, yang benar, yang tetap ta’at, yang menafkahkan hartanya (di jalan Allah), dan yang memohon ampun (beristighfar) di waktu sahur.” (QS. Ali ‘Imran: 15-17).

7. Terhindar Dari Stempel Kezhaliman

Allah SWT berfirman, “Barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang- orang yang zhalim.” (QS. al- Hujurat: II).

8. Mudah Mendapatkan Anak

Allah berfirman, “Maka aku katakan kepada mereka: “Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalaminya) untukmu sungai-sungai.” (QS. Nuh: 10-12).

9. Mudah Mendapatkan Air Hujan

Allah berfirman, “Dan(Dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS. Hud: 52).

Ibnu Shabih berkata, “Hasan al-Bashri pernah didatangi seseorang dan mengadu bahwa lahannya tandus, ia berkata, Perbanyaklah istghfar’. Lalu ada orang lain yang mengadu tentang krisis ekonomi yang menimpanya, ia berkata, Perbanyaklah istghfar’. Lalu ada orang lain yang mengadu bahwa kebunnya kering, ia berkata, Perbanyaklah istighfar’. Lalu ada orang lain lagi yang mengadu bahwa ia belum punya anak, ia berkata, Terbanyaklah istighfar’. (Kitab Fathul Bari: I I / 98).

10. Bertambah Kekuatannya

Allah berfirman, “Dan (dia berkata): “Hai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu lalu bertobatlah kepada-Nya, niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras atasmu, dan Dia akan menambahkan kekuatan kepada kekuatanmu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS. Hud: 52).

Baca Juga: